Mainan yuk!!,Lomba Capung Mecahin Balon

Cari Blog Ini

Prediksi Gempa Sumatera Dibenarkan Ahli dari Jepang

Sabtu, 27 November 2010.

Prediksi Gempa Sumatera Dibenarkan Ahli dari Jepang

Jum'at, 22 Januari 2010 - 15:50 wib
Rus Akbar - Okezone
PADANG - Ahli gempa dari Jepang, Goto Yozo membenarkan prediksi gempa yang akan terjadi di Sumatera. Prediksi ini sempat ramai dibicarakan pascagempa di Sumatera Barat akhir tahun lalu.

Menurutnya, gempa akan lebih besar dibanding gempa di Padang dan kemungkinan besar akan terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Dikatakan Goto, prediksi ini berdasarkan hasil penelitian timnya. Hal ini disampaikan dalam acara seminar bersama dengan Pemerintah Kota Padang yang diikuti camat se-Kota Padang, Jumat (22/1/2010).

“Gempa di celah Mentawai akan terjadi. Dari hasil penelitian kami, intensitasnya akan sering dan lebih besar. Waktu getar lamanya akan lebih panjang termasuk durasinya,” jelas Goto.

Namun Goto mengimbau agar warga tidak panik dengan prediksi ini. “Yang terpenting adalah siaga,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, gempa ini kemungkinan disertai tsunami.

Sebelumnya, ramai isu akan terjadi gempa bumi. Isu ini muncul setelah adanya peringatan dari para pakar gempa Eropa bahwa gempa berskala besar akan terjadi di Sumatera.

Peringatan tersebut ditulis melalui surat yang dikirimkan ke jurnal terkemuka Nature Geoscience. Para ilmuwan itu dipimpin John McCloskey, seorang profesor Institut Penelitian Ilmu Lingkungan dari Universita Ulster, Irlandia Utara.

Para ahli menyebut, bahaya gempa datang dari bertambahnya tekanan terus-menerus selama dua abad di bagian patahan Sunda. Patahan Sunda merupakan salah satu zona gempa paling berbahaya di dunia yang membentang sepanjang perairan Sumatera bagian barat. Termasuk bagian itu adalah Kepulauan Mentawai yang berada "di ambang kerusakan".(lsi)
(mbs)

Comentários:

Posting Komentar

 
Qomar Ca'Em © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |