Mainan yuk!!,Lomba Capung Mecahin Balon

Cari Blog Ini

Memburu materi gelap: Satu gejala, Tiga teori

Rabu, 24 November 2010.

Memburu materi gelap: Satu gejala, Tiga teori

Penelitian mengenai hakikat materi gelap kini menempati garda depan penelitian astronomi. Ada beberapa arus teori untuk menjelaskan gejala materi gelap, namun belum ada bukti-bukti kuat yang dapat mendukung. Tulisan ini akan merangkum asal muasal penemuan gejala materi gelap dan tiga kemungkinan penjelasannya.

Planet Dari Galaksi Lain Ditemukan di Bima Sakti

Satu lagi penemuan baru dalam dunia extrasolar planet diumumkan malam ini. Penemuan kali ini menarik, karena bisa member gambaran tentang evolusi Tata Surya di masa mendatang khususnya untuk planet-planet gas raksasa yang tengah mengitari Matahari.

Wajah Hartley 2 Dari Jarak 700 km

“Kayak ayam goreng…”, begitulah kata–kata yang langsung tercetus dalam benak saat menyaksikan citra demi citra hitam putih yang tersaji di layar. Bukan, ini bukan bagian dari demam Upin–Ipin si kembar penggemar ayam goreng dari tanah seberang yang sedang menyihir dunia anak–anak Indonesia.

Penemuan Lubang Hitam Termuda

Sebuah berita mengejutkan muncul malam ini. Para astronom yang melakukan penelitian menggunakan Chandra X-ray Observatory milik NASA berhasil menemukan bukti keberadaan lubang hitam termuda di lingkungan kosmik.

Misteri di Kedalaman Magnetar

Hasil pengamatan Chandra, Swift, dan Rossi X-ray observatories, Fermi Gamma-ray Space telescope milik NASA dan XMM Newton milik ESA berhasil memperlihatkan keberadaan bintang netron yang berotasi lambat dan memiliki medan magnet permukaan yang umum melepaskan ledakan sinar-X dan sinar gamma.

Pemetaan Materi Gelap & Pembentukan Gugus Galaksi

Dengan menggunakan Teleskop Hubble, para astronom mengambil keuntungan dari kaca pembesar kosmik untuk membuat peta detil dari materi gelap di alam semesta.

Struktur di Bima Sakti Yang Dilihat Fermi

Alam semesta memang demikian luasnya dan meskipun satu per satu misteri berhasil diungkapkan manusia, nun di sana masih ada misteri lain yang menanti. Kali ini teleskop Sinar-X Fermi milik NASA berhasil melihat keberadaan struktur yang tidak kasat mata di pusat Bima Sakti.

Filamen Bintik Matahari 1123 Mengarah ke Bumi

Tanggal 11 november 2010, bintik Matahari aktif 1123 menghasilkan ledakan flare Matahari kelas C4, dan melepaskan filamen materi yang mengarah ke Bumi. 

Hujan Meteor Leonid 2010

Di pertengahan bulan November 2010, bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha, para pengamat langit akan disuguhkan peristiwa menarik untuk dilihat yakni hujan meteor Leonid yang akan tampak dari rasi Leo.

Tabrakan 2 Galaksi dalam Galaksi Atoms-for-Peace

Foto dari berbagai benda langit senantiasa membawa manusia pada kekaguman ketika melihat satu per satu obyek yang ada di luar jangkauan manusia. Kali ini sebuah citra baru kembali dihasilkan oleh para astronomi di ESO.

Menjelajah Langit Malam dan Tata Surya dari Ruang Kelas

Bagaimana rasanya menjelajah langit malam dan mengenali obyek-obyek di Tata Surya dari ruang kelas? Heboh, rame dan yang pasti penuh kegembiraan.

Energi Gelap (Dark Energy) Dalam Model Standar Kosmologi Baru

Kosmologi memasuki babak baru. Berbagai temuan observasi memberikan kita gambaran terkini tentang alam semesta, yang agak berbeda dengan alam semesta sebagaimana yang digambarkan oleh model standar kosmologi. tapi apakah itu energi gelap?

Ikeya-Murakami, Komet Baru di Rasi Virgo

Dua pengamat langit dari Jepang berhasil menemukan komet baru di konstelasi Virgo. Kaoru Ikeya dan Shigeki Murakami, merupakan 2 astronom amatir Jepang ini berhasil menemukan komet yang kemudian diberi nama Ikeya- Murakami atau C/2010 V1 melalui pengamatan visual.

Apa itu Planet?

Saat sistem ekstrasolar belum ditemukan, perbedaan antara planet dan bintang dapat didefinisikan dengan jelas. Contohnya antara Jupiter dan bintang terkecil (75 kali massa Jupiter) keduanya dapat langsung dibedakan.

Diseminasi Cuaca Antariksa Dan Benda Jatuh

Tanggal 2 November 2010, LAPAN Bandung mengadakan program Diseminasi Cuaca Antariksa dan Benda Jatuh selama satu hari penuh.

Langitselatan di Pesta Blogger+ 2010

Tanggal 30 Oktober 2010, inilah pertama kalinya langitselatan ikut serta dalam acara Pesta Blogger+ 2010, ajang kumpul-kumpul para Blogger seluruh Indonesia.

Star Party Bersama PSB Singapore School

Malam Jumat lalu atau tepatnya tanggal 28 Oktober 2010, langitselatan mengadakan Star Party bersama adik-adik dari PSB Singapore School yang sedang studi tour ke Bandung.

Hartley-id dan Pertemuan dengan Wahana EPOXI

Di bulan Oktober, para pengamat langit berkesempatan untuk menikmati indahnya komet Hartley 2 kala ia mengalami pertemuan terdekat dengan Bumi. Tak hanya itu, wahana Deep Impact/ EPOXI juga berencana akan bertemu dengan inti komet tersebut di bulan November.

Nova Sinar-X Hasil Kerjasama MAXI dan Swift

Kerjasama antara tim astronom Jepang dan Penn State University berhasil menemukan obyek baru yang memancarkan sinar-X. Obyek ini sebelumnya tersembunyi di Bima Sakti, tepatnya di rasi Centaurus.

Memahami Planet Gas Panas Jupiter di Sistem Upsilon Andromeda

Planet gas raksasa Upsilon Andromeda b, mengorbit dekat dengan bintang induknya dan salah satu sisi wajahnya secara terus menerus mengalami pemanasan oleh panasnya sang bintang. Planet yang terkunci oleh gaya pasang surut bintang ini juga dikenal sebagai planet panas Jupiter karena temperaturnya yang menghanguskan sekaligus ukurannya yang besar dan tersusun oleh gas.

Galaksi Yang Membersihkan Kabut Kosmik

Tim astronom dari Eropa baru saja membawa astronomi pada tahap yang cukup mencengangkan. Mereka baru saja berhasil mengukur jarak kita ke galaksi terjauh yang bisa dilihat dengan menggunakan Very Large Telescope (VLT) milik ESO.

Komet Yang Menuju Matahari

Sebuah komet yang baru saja ditemukan oleh pemburu komet asal China Bo Zhou pada tanggal 19 Oktober 2010 dalam citra yang diambil coronagraph SOHO, tampak sedang menyelam menuju Matahari. 

Begini cara kerja bintang – Bagian 3: Reaksi nuklir di dalam bintang

Bagian ketiga dari seri tulisan tentang Cara Kerja Bintang. Tulisan kali ini membahas reaksi-reaksi nuklir yang terjadi di dalam inti bintang dan pengantar mengenai pembentukan Karbon dan unsur-unsur berat lainnya di alam semesta.

Komet Hartley 2 dari Bandar Lampung

Tanggal 20 Oktober 2010, komet 103P/ Hartley 2 akan melintas cukup dekat dengan Bumi pada jarak 0,12 SA. Pada saat inilah kesempatan bagi para pengamat langit untuk menikmati komet yang satu ini. Kendalanya adalah sinar Bulan yang berada pada fasa jelang purnama sehingga akan membuat langit menjadi terang.

Hujan Meteor Orionid 2010

Di penghujung bulan Oktober 2010, di antara hujan yang kadang kala mengguyur kota atau langit yang senantiasa dihiasi awan, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan peristiwa hujan meteor Orionids yang terjadi setiap tahun kala Bumi melintasi sisa debu ekor Komet Halley.

Hubble dan Rosetta Mengungkap Tabrakan Asteroid P/2010 A2

Hasil citra resolusi tinggi yang diambil Teleskop Hubble dan hasil pengamatan Rosetta dengan menggunakan kamera OSIRIS memberikan sudut pandang dengan perspektif yang cukup unik sehingga berhasil memberikan gambaran yang komprehensif dari P/2010 A2, sebuah obyek penuh teka teki di sabuk Asteroid.

Gl 581 g Disangsikan Keberadaannya

Pekan ini, mulai Senin lalu hingga Jumat besok, Himpunan Astronomi Internasional (IAU - International Astronomical Union) berkumpul di Torino, Italia, membahas astrofisis sistem keplanetan, mulai dari pembentukan, struktur, hingga evolusi dinamisnya. Salah satu topik yang menarik adalah planet Gliese 581 g.

Supernova dalam Selubung Debu

Bintang, sama seperti manusia punya perjalanan hidup dan suatu hari dia akan mengakhiri kehidupannya itu dengan berbagai cara bergantung pada massanya. Bagi bintang-bintang raksasa mereka akan mengakhiri siklus hidupnya dalam ledakan supernova. Tapi, bintang yang satu ini agak berbeda.

Khatulistiwa 2010: Kilasan Pekan Antariksa Bersama Himastron

Setiap tahunnya bagi para astronom, bulan oktober senantiasa diawali dengan perayaan World Space Week atau Pekan Antariksa Dunia yang sekaligus memperingati momen pertama ketika manusia berhasil meluncurkan satelitnya yakni Sputnik pada tanggal 4 Oktober 1957.

Gelombang Panas dan Fenomena Dog Days

Liburan hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) tahun 2010 ini disambut dengan fenomena yang menyedihkan di AS khususnya bagian Timur Laut. Temperatur tinggi mencapai batas rekor di beberapa tempat. Masyarakat mengenalnya sebagai gelombang panas (heat wave).

Bintang Termasif, Rekor Baru Penemuan Bintang

Bintang paling masif yang diketahui saat ini berhasil ditemukan para astronom dengan menggunakan gabungan instrumen yang ada di Very Large Telescope milik ESO. Massanya sekitar 300 kali lebih besar dari Matahari atau 2 kali lebih besar dari batas massa bintang terbesar saat ini yakni 150 massa Matahari.

Terapixel, Proyek Peta Langit Raksasa dari Microsoft

Kebutuhan akan media yang bisa memberikan visualisasi alam semesta sebgai alat komunikasi astronomi memang sangat dibutuhkan. Untuk itu berbagai perangkat lunak astronomi pun dibuat, di antaranya ada Google Sky maupun World Wide Telescope.

Cerita Yang Dibawa MESSENGER

Merkurius, planet terdekat dengan Matahari ini tak bisa dipungkiri menyimpan misteri yang luar biasa. Berbagai fenomena baru yang dilihat MESSENGER memukau para astronom dan membangun keingin tahuan yang lebih besar akan planet yang satu ini.

Mengungkap Kelahiran Bintang Muda Masif

Gabungan beberapa teleskop milik ESO belum lama ini berhasil mengambil citra pertama dari piringan debu yang ada di sekeliling bayi bintang masif. Citra ini sekaligus menjadi bukti bahwa bintang masif terbentuk dengan cara yang sama seperti bintang lainnya yang lebih kecil.

Planet Asing itu Punya Ekor Komet

Kita mungkin sudah sering dengar yang namanya bintang berekor aka komet, obyek es yang sesekali muncul dan melintas di area planet dalam Tata Surya. Tapi bagaimana dengan planet berekor? Pernahkah terlintas ada planet seperti ini?

Planck Menyingkap Alam Semesta

Bagaimana alam semesta memulai hidupnya setelah dentuman besar? Mungkin itu pertanyaan yang sering kali muncul dalam benak. Berbagai teori memang sudah dikemukakan namun apa yang sesungguhnya terjadi dan apa bukti observasinya, inilah yang terus dicari.

Asteroid Kecil Akan Melintasi Bumi

Sebuah asteroid akan melintasi Bumi dalam 1/10 jarak Bumi-Bulan. Asteroid kecil ini ditemukan dalam survei langit rutin yang dilakukan teleskop NASA di Arizona, pada tanggal 9 Oktober jam 14.55 wib.

Kapankah astronomi mulai tidak sama dengan astrologi?

Bagi seseorang yang mengaku belajar astronomi, tidak jarang ada orang yang minta diramalkan nasibnya, seraya mengatakan bahwa bintangnya adalah X dan meminta supaya dibaca peruntungannya di masa datang.

Komet 103P/Hartley 2 Tampak di Langit Malam

Di bulan Oktober 2010 ini, sebuah komet akan nampak di langit malam. Komet periodik 103P/Hartley 2 ini merupakan komet kerdil yang masih muda dengan diameter inti komet janya 1,14 km.

InOMN bersama langitselatan

Tanggal 18 September 2010, bertepatan dengan kegiatan International Observe of the Moon Night, langitselatan mengadakan gathering bersama komunitas yang ada di Bandung, bertempat di CiWalk.

Planet Laik Huni Gliese 581 g Berpotensi Menopang Kehidupan

Apakah perjalanan manusia untuk menemukan Bumi kembar lainnya akan segera direalisasikan? Setelah sekian lama pencarian di antara bintang-bintang dan memilah di antara planet yang ada, beberapa planet memang diindikasikan sebagai planet yang berada di zona laik huni sebuah bintang.

Wujud Tata Surya Kita di Mata Alien

Astronom kini berada pada awal era mendeteksi dan mendapatkan citra sistem keplanetan di luar tata surya, seperti misalnya sistem yang mengedar bintang Fomalhaut. Bagaimana jika sebaliknya, astronom alien yang mencari planet lain di luar tempat tinggalnya, akan seperti apa Tata Surya kita ini terlihat?

Kajian Kimiawi Pada Kandungan Uap Air di Bulan

Apakah Bulan yang selama ini dikenal tanpa kehidupan dan kering, benar-benar sebagaimana itu adanya? Ternyata, kajian terkini yang dilakukan sekelompok peneliti astronomi dari China menunjukkan bahwa Bulan mempunyai kandungan uap air. Dalam bahasa paling awam, ada air di Bulan.
artikel terbaru

Pertemuan Terdekat Jupiter Dengan Bumi

Masih ingat kejadian di bulan Agustus lalu kala isu Mars sebesar Bulan merebak? Kala itu masyarakat sempat salah persepsi dengan pasangan Bulan dan Jupiter di langit yang disangka sebagai planet merah Mars.

Dua Asteroid Melintasi Bumi

Di sela-sela kesibukan masyarakat Indonesia yang akan mudik, ada satu kejadian langit yang bisa disimak yakni mendekatnya 2 asteroid ke Bumi pada jarak yang lebih dekat dari Bulan.

Penentuan Awal Syawal 1431 H

Kapankah lebaran? Itulah pertanyaan yang sering kali muncul dan dipertanyakan. Bagaimanakah menentukan awal Idul Fitri? Apakah bulan Ramadhan kali ini 29 hari ataukah 30 hari?

Air di Bintang Karbon

Air, komponen satu ini memang penting sebagai penopang kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi. Karena itu berbagai penelitian dan pengamatan dilakukan untuk menemukan keberadaan air di alam semesta terutama pada planet yang serupa Bumi yang berada dalam area laik huni.

Sumber Energi Flare Matahari

Sejak pertama kali diamati oleh Carrington dan Hodgson pada tahun 1859, pengamatan dan penelitian tentang solar flare telah maju dengan sangat pesat. Bahkan pada saat ini telah menjadi suatu bahan perbincangan yang hangat di masyarakat. Apalagi sebabnya jika bukan prediksi bencana yang akan ditimbulkannya kepada bumi.

Atmosfer Exoplanet HR 8799b

Pengamatan dan pengukuran temperatur pada planet gas raksasa muda disekitar bintang HR 8799 oleh para astronom di Universitas Hawaii tampaknya memberika hasil yang sedikit mengejutkan. Mereka menemukan atmosfer si bintang tidaklah sama dengan pola umum yang sudah dipelajari sebelumnya dalam extrasolar planet.

Flare Matahari dan Pengamatannya

Flare Matahari, sebuah istilah yang sudah bukan lagi monopoli kalangan akademisi yang bergelut dalam dinamika matahari. Frasa tersebut isudah menjadi istilah yang tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini.

Tak Ada Cincin di Rhea

Masih ingat cerita cincin di Tata Surya? Di antara benda-benda di Tata Surya yang memiliki cincin, selain planet gas ada sebuah satelit di Saturnus yang menurut Cassini juga memiliki cincin. Namanya Rhea. Cincin itu dilihat Cassini dalam penjelajahannya saat terbang lintas di Rhea bulan November 2005.

Katai Coklat Yang Mengorbit Bintang Muda

Pencarian sistem baru di alam semesta ini memang tak pernah berhenti. Sistem keplanetan di luar Tata Surya saja sudah mencapai 473 planet yang mengelilingi bintang induknya.

Hujan Meteor Perseid di Awal Agustus

Jika di akhir bulan Juli lalu, kita ditemani oleh puncak hujan meteor Delta Aquarid, maka di awal Agustus, para pengamat langit akan kembali diajak untuk menikmati hujan meteor Perseid.

Potensi Asteroid Menabrak Bumi Tahun 2182

Mungkinkah Bumi ditabrak asteroid seperti dalam cerita fiksi ilmiah? Mungkinkah akan ada kehancuran? Pertanyaan ini mungkin sering kali muncul dalam benak ketika kita berpkir tentang keberadaan Bumi yang memang tidaklah “aman”.

Hujan Meteor Delta Aquarid Selatan

Ada kejadian apa di penghujung bulan Juli? Ada fenomena menarik apa di bulan Agustus? Itulah beberapa pertanyaan yang terlontar dari masyarakat yang ingin tahu lebih banyak tentag fenomena alam terkait astronomi.

Cerita di Balik Pergolakan Awan Molekul Kelahiran Bintang

Proses terbentuknya bintang memang telah diketahui para astronom. Akan tetapi di balik semua itu, masih saja ada yang tersimpan dalam kabut misteri. Tak bisa dipungkiri mash banyak informasi penting yang harus diungkap satu demi satu ketika instrumen yang tepat telah tersedia.

Teramatinya Hilal Termuda Hilal Sya’ban 1431H

Pada Tanggal 12 Juli yang baru lalu, atau pada penanggalan Islam, sebagai awal Sya’ban 1431 H, sebuah tim pengamat Hilal dari University Malaya, berhasil melakukan perekaman hilal termuda dalam kategori perekaman Hilal Digital.

Mungkinkah Ada Kehidupan di Titan?

Titan, satelit Saturnus yang satu ini memang diperkirakan memiliki kemiripan dengan Bumi. Bahkan ia disebut sebagai Bumi purba. Tapi apakah ada kehidupan di Titan?

Afrika Selatan, Pintu Astronomi di Benua Hitam

Sudah hampir mendekati satu bulan gempita Piala Dunia melanda masyarakat dunia. Satu per satu tim pun pulang setelah mengalami kegagalan. Namun kegembiraan mereka yang masih terus lolos ke babak berikutnya pun semakin terasa melanda masyarakat global terutama mereka yang mencintai permainan sepakbola ini

Menguak Rahasia Cincin Gas di Leo

Menyingkap misteri di alam semesta memang tak kan pernah selesai. Namun setiap ada satu cerita yang terkuak, selalu saja ada cerita menarik di dalamnya. Kali ini tim peneliti internasional berhasil mengungkap asal muasal cincin gas raksasa yang ada di grup Leo.

Menggali Catatan Sejarah Bima Sakti

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Durham mengungkapkan asal muasal bintang purba di alam semesta. Menurut hasil penelitian mereka tersebut, bintang-bintang purba tersebut berasal dari sisa-sisa galaksi kecil yang terkoyak saat terjadi tabrakan galaksi 5 milyar tahun lalu.

Badai di Exoplanet HD209458b

Untuk pertama kalinya para astronom berhasil mengukur keberadaan badai super di atmosfer sebuah exoplanet yakni di HD209458b. Exoplanet ini merupakan planet seukuran Jupiter dan panas. Tapi apa istimewanya ?

Mungkinkah Ada Air di Venus ?

Misi Venus Express yang diluncurkan tahun 2005 dan akan beroperasi sampai dengan tahun 2012 bertujuan untuk mengeksplorasi planet cantik Venus dan membantu para ilmuwan untuk memahami planet misterius yang satu ini.

Gerhana Bulan Sebagian, 26 Juni 2010

Di tengah hiruk pikuk Piala Dunia, sebuah fenomena alam terjadi di langit malam pada tanggal 26 Juni 2010. Seperti halnya Piala Dunia yang tidak terjadi setiap hari, fenomena yang dikenal sebagai Gerhana Bulan Sebagian (Partial Lunar Eclipse) ini pun demikian.

Mengintip Kelahiran Sistem Keplanetan

Untuk pertama kalinya para astronom akhirnya bisa mengamati secara lebih detil bagaimana tata surya terbentuk. Apa uniknya dan bagaimana ceritanya?

Exoplanet Yang Tertangkap Pergerakannya

Penemuan planet baru di luar sistem Tata Surya sudah bukan lagi hal asing. Namun selalu saja ada sesuatu yang baru dan menarik dari tiap planet yang ditemukan itu. Keunikan yang membuat manusia terpesona akan alam semesta dan melihat tak ada yang persis sama di alam semesta. masing-masing sistem punya keunikan tersendiri.

Komet McNaught Tampak di Langit Malam

Komet, bintang berekor yang satu ini jelas membawa ketertarikan tersendiri bagi pengamat langit. Kali ini, komet baru yang ditemukan tahun lalu akan tampak di langit malam dan terlihat bahkan oleh mata bugil? Menarik? Jelas!

Tabrakan di Planet Jupiter

Tahun lalu tepatnya tanggal 19 Juli 2009, para pengamat langit dikejutkan dengan peristiwa ditabraknya Jupiter oleh benda asing yang tak dikenal. Berbagai analisis diberikan salah satunya si penabrak ini merupakan benda setengah asteroid dan setengah komet. Tahun ini kejadian yang sama kembali teramati. apakah itu?

Gerak Bintang di NGC 3603

Studi dalam jangka waktu panjang yang dilakukan pada salah satu gugus bintang muda yang paling masif di Bima Sakti akhirnya bisa diselesaikan oleh para astronom dari Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg dan University of Cologne, dengan menggunakan NASA/ESA Hubble Space Telescope.

Lubang Hitam Yang Bergerak Berlawanan Arah

Alam semesta menyimpan misteri yang sangat besar. Ini tak bisa dipungkiri. Bahkan walaupun hasil pengamatan telah membawa manusia pada pemahaman akan alam semesta, selalu saja ada sesuatu yang membawa manusia untuk melihat setiap kejadian di alam semesta itu unik dan bahkan mengejutkan

Komet Es Kunci Cerita Atmosfer Neptunus

Apakah ada komet es yang besar menghantam Neptunus dua abad lalu? Inilah gambaran yang muncul dari hasil pengukuran terakhir gas di atmosfer si planet biru raksasa.
 
 
 
 
 
 
 
 

Comentários:

Posting Komentar

 
Qomar Ca'Em © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |